Bagaimana hubungan antara teori keunggulan mutlak dengan perdagangan internasional?



Bagaimana hubungan antara teori keunggulan mutlak dengan perdagangan internasional?

Hubungan antara teori keunggulan mutlak dengan perdagangan internasional adalah sebuah negara dapat melaksanakan perdagangan internasional hanya jika negara tersebut memiliki keunggulan mutlak dalam salah satu barang produksi mereka setelah dilakukan spesialisasi. Hal ini di kemukakan oleh Adam Smith.

Halo Squad!!! Balik lagi di Brainly. Sekarang kakak akan kembali menjawab pertanyaan dari adik-adik. Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang “hubungan teori keunggulan mutlak dengan perdagangan internasional”. Okay, without further ado. Let’s get started!!

Pembahasan

Perdagangan internasional adalah suatu lalu lintas barangdan jasa serta factor produksi yaitu Tenaga Kerja Modal yang melewati batas kawasan suatu negara. Peradagangan internasional juga dapat di bilang sebagai perdagangan antar satu sama lain negara dengan dasar kesepakatan bersama. Perdagangan internasional berlangsung karena adanya keuntungan atau manfaat untuk negara yang terlibat dari perdagangan tersebut. Disebut ekspor karena menjual barang/jasa dari dalam ke luar negeri, dan disebut impor karena membeli barang dari luar ke dalam negeri.

Factor-faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional antara lain :

1. Factor SDA (Sumber Daya Alam)

Factor sumber daya alam disebabkan oleh perbedaan wilayah.  Contoh sumber daya alam seperti, timah, emas, batu bara, dan sebagainya.

2. Factor SDM (Sumber Daya Manusia)

Hal ini disebabkam oleh adanya perbedaan kualitas sumber daya manusia pada setiap negara. Sumber daya manusia pada negara maju biasanya memiliki kualitas yang lebih tinggi dan keunggulan yang lebih banyak dibandingkan degan negara berkembang.

3. Iklim dan Kesuburan Tanah

Iklim dan kesuburan tanah menjadi salah satu penyebab perdagangan internasional karena iklim juga mempengaruhi hasil pertanian dan peternakan.

4. Perbedaan Selera

Adanya kemungkinan kesamaan produksi antara satu negara dengan yang lainnya.

5. Teknologi

Perbedaan teknologi juga mempengaruhi perbedaan produksi.

Dalam perdagangan internasional terdapat teori-teori di dalamnya. Teori-teori perdagangan internasional merupakan teori yang mendefinisikan dan memahami alasan dari setiap negara dari segi perekonomian dalam melaksanakan perdagangan dengan negara lain. Teori-teori perdagangan internasional ini di kemukakan oleh David Ricardo, dan Adam Smith. Teori-teori klasik mengenai perdagangan internasional ini adalah teori keunggulan mutlak (absolut advantages), teori ini dikembangkan oleh Adam Smith dan teori keunggulan kpmparatif (comparative advantages), teori ini dikembangkan oleh David Ricardo. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai kedua teori tersebut, sebagai berikut :

1. Teori Keunggulan Mutlak (absolute advantages)

Teori yang dikembangkan oleh Adam Smith ini adalah teori yang mengutarakan bahwa setiap negara dapat melaksanakan perdagangan internasional hanya jika negara tersebut memiliki keunggulan mutlak dalam salah satu barang produksi mereka setelah dilakukan spesialisasi. Terdapat beberapa asumsi pokok dalam teori keunggulan mutlak ini, yaitu :

• Barang yang diproduksi negara yang terlibat harus memiliki kualitas yang sama

• Biaya transport ditiadakan

• Pertukaran dilakukan dengan cara barter (tanpa uang)

• Hanya tenaga kerja yang digunakan sebagai factor produksi

2. Teori Keunggulan Komparatif (comparative advantages)

Teori yang dikemukakan oleh David Ricardo ini adalah teori yang mengutarakan bahwa, walaupun sebuah negara tidak memiliki keunggulan mutlak dalam barang produksi yang akan dipertukarkan dengan negara lain, perdagangan internasional yang menguntungkan kedua pihak yang terlibat tetap dapat dilakukan. Asumsi teori keunggulan komparatif, sebagai berikut :

• Perdagangan dilakukan dan melibatkan dua negara

• Terdapat dua barang produksi berbeda yang diperdagangkan

• Teori yang berlaku adalah teori nilai tenaga kerja.

Manfaat perdagangan internasional adalah :

1. Memperluas lapangan kerja

2. Mendapatkan harga yang lebih murah

3. Memperluas jangkauan pasar

4. Meningkatkan devisa negara

5. Memenuhi kebutuhan sehari-hari

 Pelajari Lebih Lanjut

Okay Squad! Demikianlah jawaban dari kakak, Semoga bisa membantu, bermanfaat, and hope you guys like it!! Semangat belajarnya ya adik-adik. Nah untuk menambah dan memperluas pengetahuan adik-adik tentang materi IPS lainnya, kalian bisa buka link di bawah ini :  

Baca tentang “dampak perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi” di brainly.co.id/tugas/18414451  

Cek juga tentang soal ini “koalisi” di brainly.co.id/tugas/18271236  

Baca juga mengenai “dampak negatif globalisasi” di brainly.co.id/tugas/18104297  

Good Luck Squad!! Jangan lupa jadikan jawaban terbaik!!!

Detai Jawaban

Kelas : 9

Pelajaran : IPS

Kategori : Bab 7 – Perdagangan Internasional

Kode : 9.10.2007

Kata Kunci : teori keunggulan mutlak, perdagangan internasional.



Source link

en_USEnglish