1. Apa itu narkoba? 2. Mengapa peredaran narkoba semakin meluas? 3. Apa dampak penggunaan narkoba bagi pengguna? 4. Apa dampak penggunaan narkoba bagi keluarga pengguna? 5. Apa dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna?



1. Apa itu narkoba?


2. Mengapa peredaran narkoba semakin meluas?
3. Apa dampak penggunaan narkoba bagi pengguna?
4. Apa dampak penggunaan narkoba bagi keluarga pengguna?
5. Apa dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna?

1. Narkotika dan obat terlarang (Narkoba) adalah senyawa aktif yang dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang, hingga menjadi lebih ceria, bersemangat atau tenang. Contoh narkoba misalnya adalah heroin, shabu-shabu (methampetamine) dan ketamin.

2. Peredaran narkoba meluas karena penggunanya mengalami kecanduan sehingga terus membeli, dan karena penjualan ini sangat menguntungkan bagi bandar narkoba.

3. Dampak narkoba bagi pengguna dapat menyebabkan kerusakan fisiologis pada organ di dalam tubuh, terutama pada sistem syaraf dn jantung, hingga menyebabkan kematian, serta kehilangan pekerjaan, dan penularan penyakti melalui jarum suntik  

4. Dampak penggunaan narkoba bagi keluarga pengguna adalah dapat menyebabkan konflik dalam keluarga dan  kemiskinan akibat pengguna kehilangan pekerjaan  

5. Dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna adalah menyebabkan kemiskinan, menignkatnya tingkat kejahatan dan wabah kecanduan yang memakan korban

Pembahasan:

Narkoba sangat berbahaya karena menyebabkan kecanduan, sehingga penggunanya menjadi tergantung, serta penggunaan terus menerus merusak organ tubuh, terutama jantung dan jaringan syaraf.

Pada awal penggunaan, narkotika dan obat terlarang akan menimbulkan perasaan bahagia yang sangat kuat (euforia) atau dampak penenang (sedatif). Hal ini banyak mendorong orang menjadi pengguna, terutama mereka yang sangat sibuk atau mengalami masalah pribadi.

Namun kemudian narkoba akan mengubah struktur dan susunan sel syaraf, akibatnya pengguna akan mengalami depresi. Akibat dari depresi ini pengguna akan tidak bisa merasakan kebahagiaan dan merasa sedih yang akut.  

Ini akan mendorong pengguna untuk terus menerus dan dalam dosis tinggi menggunakan narkoba lagi agar bisa merasakan euforia atau rasa tenang tadi. Siklus ini akan mengakibatkan kecanduan atau ketergantungan terhadap zat adiktif ini.

Pengguna yang berhenti menggunakan narkoba secara tiba-tiba akan mengalami reaksi penghentian (withdrawal) atau biasa disebut sakaw. Hal ini karena tubuh pengguna tergantung pada narkoba, dan penghentian mendadak akan mengakibatkan kerusakan syaraf, yang bisa menyebabkan kematian.

Penggunaan jarum sunti bergiliran untuk memasukkan narkoba jenis tertentu ke dalam tubuh juga berbahaya, sebab dapt menulrkan virus HIV penyebab penyakit AIDS

Pelajari lebih lanjut dampak narkoba bagi keluarga atau lingkungan di: brainly.co.id/tugas/644322  

Pelajari lebih lanjut dampak narkoba bagi pemakai di: brainly.co.id/tugas/8916487

Pelajari lebih lanjut jenis narkotika yang diambil dari daun di: brainly.co.id/tugas/1581747  

————————————————————————————-  

Detail Jawaban:

Kode: 9.10.15

Kelas: IX  

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 15 – Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Kata kunci: Narkoba dan Dampaknya  

en_USEnglish